ACANESIA
the true contemplation of something complicated...

Mencoba Menghormati Keputusan Iblis

Labels:


Iblis adalah salah satu makhluk yang membangkang terhadap perintah Allah ketika Allah menyuruh semua makhluknya bersujud kepada Adam, perbuatan yang dilakukan iblis ini, ketika kita melihat dalam beberapa ayat yang memerintahkan untuk sujud, ternyata tidak di temukan golongan jin atau iblis sendiri menjadi object dari perintah untuk sujud tersebut. mari kita lihat beberapa ayat di bawah ini’
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (al-baqoroh :34)
Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. (al-a’raf:11)
Dari ayat diatas , kita semua tahu bahwa yang diperintahkan sujud kepada adam adalah malaikat. Lalu dengan alasan apa kita semua menganggap bahwa iblis adalah mahkluk yang membangkang perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, sementara dalam ayat diatas iblis sama sekali tidak diperintahkan untuk bersujud kepada allah, atau jangan-jangan Iblis itu merupakan bagian dari malaikat yang pembangkang, sehingga ia dikecualikan dalam perintah Allah kepada Malaikat ?.
Asal-usul Iblis
Ada yang berpendapat bahwa iblis itu bukan berasal dari kata bahasa arab, tetapi bahasa yunani yaitu diabolos. Kata tersebut terdiri dari 2 kata dia yang berarti ditengah dan ballein yang berarti mencampakkan, yang jika diartikan kurang lebih yang berada di tengah 2 pihak untuk menghancurkan. Akan tetapi banyak sekali pakar bahasa yang berpendapat bahwa kata iblis berasal dari kata bahasa arab ablasa yang berarti putus asa atau dari kata balasa yang memiliki arti tidak ada kebaikanya.
Lalu apakah iblis merupakan bagian dari malaikat yang menurut informasi, yang penulis sendiri belum menemukan referensinya, terbuat dari cahaya, atau termasuk dari golongan jin yang tercipta dari api?. Dialam alqur’an jelas sekali bahwa ada satu ayat yang secara tegas mengatakan bahwa iblis merupakan bagian dari jin
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.
Dari ayat yang kami kutip di atas, sangat jelas sekali mengatakan, bahwa iblis merupakan bagian dari golongan jin. Meski sebenarnya kita juga belum mengetahui dengan pasti apakah yang di maksudkan dalam ayat tersebut itu secara ciptaan, secara prilaku atau sama dalam segala hal. Sementara itu Ahli tafsir alqur’an Indonesia, M.Quraish Shihab, menuliskan dalam bukunya ,Tafsir Al-Misbah, bahwa konon, iblis pada mulanya bernama Azazil dalam arti ketua para malaikat, karena ia sangat taat beribadah. Dan karena itu ketika Allah memerintahkan malaikat bersujud kepada Adam, perintah ini juga diarahkan kepadanya, tapi karena ia enggan, maka ia mendapat murka dari Allah.

Kesombongan Iblis
Apapun yang menjadi perdebatan para ulama terhadap hasil penciptaan iblis, tidak membuat iblis lepas dari kesalahan yang ia lakukan dengan menolak bersujud kepada Adam. dan bukti bahwa sebenarnya iblis ternyata “terkena “ perintah sujud terhadap Adam dimuat dengan jelas dalam ayat al-Qur’an di bawah ini:
Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?".
Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah".
Jawaban iblis di dalam ayat yang lami kutipkan diatas, menjadi bukti bahwa iblis memang terkena perintah “usjuduu” kepada Adam. Sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa yang diperintahkan sujud kepada adam, iblis termasuk di dalamnya, dan saat muncul perintah tersebutlah, muncul pula sifat kesombongan iblis. Ia mengatakan bahwa asal penciptaanya itu lebih baik daripada Adam. Dan dengan sifat kesombonganya tersebut menjadikan ia mendapat hukuman dari Allah swt. Keputusan Iblis tersebut membawa implikasi pada scenario Allah swt, yang berhasil menggoda adam untuk melanggar larangan Allah “wa laa taqrobaa hadzihi as syajarota “, untuk mengeluarkan Adam dan Hawa dari surga, sehingga Adam benar-benar menjadi khalifah di bumi.
Sebenarnya Iblis tidak mau bersujud kepada Adam, bukan karena ia tidak beriman kepada Allah, justru ia berpendapat bahwa yang layak di beri sujud untuk penghambaan diri hanyalah Allah swt, sehingga ia menolak untuk bersujud kepada Adam, selain itu juga karena pendapatnya yang mengatakan bahwa ia lebih baik , secara asal penciptaanya, dengan Adam. Adam diciptakan dari tanah, sementara iblis dari Api, yang menurutnya Api merupakan komponen yang lebih baik dari tanah.
Sebenarnya ada hal yang tidak disadari oleh iblis, dan hal tersebutlah yang sebenarnya ingin diajarkan oleh Allah swt kepada semua makhluknya. Allah menciptakan manusia dari sesuatu yang lebih rendah derajatnya daripada sesuatu yang digunakan untuk menciptakan iblis karena Allah ingin mengajarkan kepada mahkluknya bahwa segala sesuatu yang berasal dari sesuatu yang buruk, tidak lantas akan menjadi sesuatu yang buruk, begitupun sebaliknya.
Karena Iblis memiliki kecerdasan yang tinggi, ia menyimpulkan kejadian tersebut dengan cara berpikirnya yang linier, sehingga kesimpulanya ialah sesuatu yang berasal dari hal yang buruk, maka akan menjadi hal yang buruk pula. Pikiran semacam inilah yang masih sering kita gunakan untuk menyimpulkan segala gejala alam di dunia saat ini. padahal hal itu terkadang dapat menjadi terbalik, semua tergantung proses yang terjadi setelah itu.
Kesombongan Iblis ini yang membuatnya terlempar diri ridho Allah Swt, dulu Ia memang benar-benar membangkang kepada Allah karena hal penciptaan, yang membuatnya tidak mau melakukan perintah Allah. Namun sekarang, Iblis telah membuktikan bahwa Ia layak untuk mengeluarkan stetment seperti itu, karena saat ini ia telah berhasil membuktikan kenapa Ia dulu tidak bersujud pada Adam, lihatlah teman, saat ini ternyata keturunan adam banyak yang justru menyembahnya. Mungkin karena yakin dengan hal itu, dulu iblis tak mau bersujud kepada Adam, wallahu a’lam.
5 comments:

heheheh....emang perlu lari untuk bisa menjawab ini heheh......


hehehhee....mau lari kemana???


lari kemana aja yang g gelap deh....hihhi


subhanallah mantap mas acan.. :)
pemikiran yang membuka cakrawalaku (kembali)


ok man....thanks ya, udah baca....hehehe


Posting Komentar

it's just me

Foto saya
the student of indonesian islamic university......... faculty of law 2009

acan's music

Acan's Facebook