ACANESIA
the true contemplation of something complicated...

melepas atribut pembatas diri

Labels:

membaca catatan @guntur cakra membelah bumi, aku menemukan sesuatu yang ingin aku "cerdasi" bersama kalian, nanti silahkan di liat di FB guntur cakra membelah bumi.

aku menemukan kata "malasiswa" sebuah kata yang diperbandingkan dengan jabatan yang dulu sempat aku nantikan, tapi ternyata rasanya ingin segera aku lepas, meskipun aku selalu mendengarkan lagu iwan fals berjudul "sarjana muda".

kawan, kadang gelar dan "kotakisasi" akan menghambat segala bentuk expresi yang ingin kita munculkan, lihatlah orang disana kawan, dia mengunakan baju putih bersih yang disesuaikan dengan sarungnya di padu pula dengan sorban yang diikatkan di kepalanya. apa benar ia sedang melakukan hal yang benar-benar ia senangi dan ingin ia lakukan, ternyata ketika aku tanya kenapa dia menolak ajakanku ke warung kopi sebelah, ia mengatakan "aku kan kyai, masak nongkrong di warung, di rumah aja yuk, biar ga da yang lihat." bugitulah jawaban yang keluar dari mulutnya.

ada lagi kawan, coba arahkan matamu ke kamar kost di ujung jalan sana. ia adalah mahasiswa lulusan salah satu unversitas terkenal di jogja, namanya sudah ditambah dengan sarjana. dia sedang membutuhkan uang untung bertahan di kota ini, kemarin kutawarkan lowongan kerja padanya dan ini jawaban yang aku dapat darinya "can, masak kau suruh aku jadi tukang burjo? ga mau lah aku".

sarjana membuatnya kehilangan rejeki yang bisa jadi itu menjadi jalan dia sukses, kyai menjadi penghalang bagi dia untuk merasakan nikmatnya mencerdasi kehidupan....spesifikasi gelar ternyata membuat orang tidak bisa menikmati hidupnya.....atau mungkin mereka justru menikmati hidupnya dengan cara seperti itu....entahlah kawan.

mahasiswa, sarjana, kyai, atau apalah yang ingin kalian tambahkan pada nama kalian haruslah membuat kalian menikmatinya...bukan sebaliknya.

disini aku cuma ingin mencerdasi sesuatu sebisaku kawan, barangkali engkau lebih cerdas, cerdasilah apa yang belum cerdas dariku, supaya aku bisa cerdas sepertimu.....

terima kasih pada @guntur cakra membelah bumi yang menggugah untuk menuliskan ini...

0 comments:

Posting Komentar

it's just me

Foto saya
the student of indonesian islamic university......... faculty of law 2009

acan's music

Acan's Facebook